Bagikan ini :

Keindahan surga seseorang akan berbeda dengan orang lain. hal ini disebabkan perbedaan kualitas dan kuantitas ibadahnya di dunia. Semakin baik dan banyak ibadah yang dilakukan makan surga pun akan semakin indah. Berikut ini adalah beberapa ibadah yang bisa menambah keindahan surga.

 

  1. Zikir kepada Allah dengan Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil.

قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم- لقيت إبراهيم ليلة أسري بي، فقال: يا محمد، أقرئ أمتك مني السلام، وأخبرهم أن الجنة طيبة التربة، عذبة الماء، وأنها قيعان، وأن غراسها: سبحان الله، والحمد لله، ولا إله إلا الله، والله أكبر)[الترمذي

Rasulullah sallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Aku berjumpa dengan Ibrahim pada malam aku di bawa ke atas langit, kemudian dia berkata, “wahai Muhammad sampaikan salam dariku untuk umatmu, dan kabarkan kepada mereka bahwa surga itu tanah dan pasirnya sangat baik, airnya segar, dan dia adalah lapangan yang luas. Dan pepohonannya tumbuh dengan membaca “subhanallah, Alhamdulillah, Lailaha illallah dan Allahu akbar” (H.R Tirmizi).

 

  1. Membaca lahaula wala quwwata illa billah

وَعَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ  قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: يَا عَبْدَاللَّهِ بْنَ قَيْسٍ، أَلَا أَدُلُّكَ عَلَى كَنْزٍ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ؟ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Dari Abu Musa al-Asy’ari radiallahu’anhu berkata: Rasulullah bersabda kepadaku, “wahai Abdullah ibn Qais, maukah aku tunjukan kepadamu salah satu pundi perhiasan surga? Yaitu membaca “la haula wala quwwata illa billah” –tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah. (Muttafaqun ‘alaihi).

 

  1. Membaca surat Al-Ikhlas sepuluh kali

Dari Mu’adz bin Anas Al-Juhaniy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) حَتَّى يَخْتِمَهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْراً فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membaca ‘QUL HUWALLAHU AHAD’ (surah Al-Ikhlas) sampai ia menyelesaikannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya istana di surga.” (HR. Ahmad. Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihahmengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguat).

 

  1. Membangun Masjid ikhlas karena Allah

 

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Mafhash qathaah dalam hadits artinya lubang yang dipakai burung menaruh telurnya dan menderum di tempat tesebut. Dan qathah adalah sejenis burung.

 

  1. Mengerjakan solat rawatib 12 rakaat

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنَ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

“Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” (HR. Tirmidzi. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

 

oleh:
KH. Dr. Solahudin Ibrahim, Lc.,MA.Hum.
Mudir SMP Al Hidayah Islamic Boarding School

 

Info PPDB 2021/2022
Alamat : Jl. Curug Nangka Loa No. 26
Desa Tamansari, Sukajaya, Tamansari
Bogor, Jawa Barat 16610
Hubungi: 082216796410
Website: https://sekolahalhidayah.com
Google Map: https://bit.ly/2FpP2NE

Menghiasi Surga Dengan Banyak Zikir dan Ibadah Lainnya – SMP Al Hidayah Islamic Boarding School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *