Bagikan ini :

Banyak ayat dan hadist yang menunjukan keagungan Allah subhanahu wata’ala, di antaranya:

1. Allah memuji diri-Nya sendiri ketika Dia menciptakan makhluk-makhluk yang berfisik besar dan memamerkan bahwa diri-Nya mampu melakukan apapun, Allah berfirman:

الحَمْدُ لله فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ جَاعِلِ المَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ يَزِيدُ فِي الخَلْقِ مَا يَشَاءُ إِنَّ اللهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Fatir:1)

Karena keagungan Allah yang tak terhingga, maka sepantasnya kita bertakwa kepada-Nya dan tidak menyembah kecuali hanya pada-Nya.

 

2. Ketika kita sebagai manusia, hanya bisa memanggil beberapa orang saja yang menjadi bawahan kita untuk menghadap, tetapi Allah mampu memanggil seluruh manusia, bahkan Ia mampu memanggil langit dan bumi untuk menghadapnya, dan tidak ada pilihan untuk keduanya kecuali taat memenuhi panggilan Allah. begitulah kekuatan Allah yang sangat sempurna.

اِئْتِيَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا قَالَتَا أَتَيْنَا طَائِعِينَ

“Datanglah kalian berdua dengan suka rela atau terpaksa”. keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka rela”. (Fusilat: 11)

Allah Maha Agung dan Perkasa, hingga makhluk sebesar langit dan bumipun, terhina di hadapan-Nya.

 

3. Hukum Alam menyatakan bahwa tak mungkin satu bangunan berdiri kokoh tanpa tiang penyangganya, akan tetapi dengan kekuatan dan kekuasaan Allah, Dia meninggikan langit tanpa tiang yang dipancangkan. Allah berfirman:

رَفَعَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا

Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat (Ar-Ra’d: 2)

Allah yang langsung memegang langit itu hingga tidak jatuh menimpa bumi. Allah berfirman:

وَيُمْسِكُ السَّمَاءَ أَنْ تَقَعَ عَلَى الأَرْضِ

Dia menahan langit jatuh ke bumi.. (al-Hajj: 65)

Penciptaan langit ini adalah dalil yang paling jelas dan gamblang yang menunjukan kemaha-kuasaan alloh menciptakan sesuatu.

 

4. Di antara tanda kekuasaan Allah, Dia telah menciptakan langit, dan bumi serta memenuhinya dengan makhluk-makhluk lain yang ada pada keduanya.

Allah berfirman:

وَمِنْ آَيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَا بَثَّ فِيهِمَا مِنْ دَابَّةٍ وَهُوَ عَلَى جَمْعِهِمْ إِذَا يَشَاءُ قَدِيرٌ

Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata yang Dia sebarkan pada keduanya. dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya. (As-Syuro: 29)

 

5. Di antara kekuasaannya, Dia menciptakan binatang yang berjalan di atas perut, di atas dua kaki, ada yang berjalan di atas empat kaki

Allah berfirman:

وَاللهُ خَلَقَ كُلَّ دَابَّةٍ مِّن مَّاءٍ فَمِنْهُم مَّن يَّمْشِي عَلَى بَطْنِهِ وَمِنْهُم مَّن يَّمْشِي عَلَى رِجْلَيْنِ وَمِنْهُم مَّن يَّمْشِي عَلَى أَرْبَعٍ يَّخْلُقُ اللهُ مَا يَشَاءُ إِنَّ اللهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (An-Nur: 45)

 

6. Di antara kekuasaan Allah yang nampak di bumi ini adalah, Dia mencurahkan air dari ketinggian dan meletakannya di bumi.

Allah berfirman:

وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَسْكَنَّاهُ فِي الأَرْضِ وَإِنَّا عَلَى ذَهَابٍ بِهِ لَقَادِرُونَ * فَأَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهِ جَنَّاتٍ مِن نَّخِيلٍ وَأَعْنَابٍ لَكُمْ فِيهَا فَوَاكِهُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

Dan Kami turunkan air dari langit dengan kadar tertentu; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.

lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan. (Al-Muminun: 18-19)

Dengan air hujan pun Allah menumbuhkan kembali tanah yang gersang dan pohon yang mengering, hal ini dilakukan untuk memberitahukan kepada manusia, bahwa Allah sangat mampu menghidupkan orang yang mati sebagaimana Dia sanggup menghidupkan bumi yang mati. Allah berfirman:

 فَانْظُرْ إِلَى آَثَارِ رَحْمَةِ اللهِ كَيْفَ يُحْيِي الأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا إِنَّ ذَلِكَ لَمُحْيِي المَوْتَى وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Maka perhatikanlah pengaruh rahmat Allah, bagaimana Allah menghidupkan bumi yang sudah mati. Sesungguhnya (Dia yang berkuasa seperti) itu benar-benar (berkuasa pula) menghidupkan orang-orang yang telah mati. dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Ar-Rum: 50)

Orang-orang yang tidak mengenal kekuasaan Allah dari kalangan orang-orang musyrik, tidak meyakini kemampuan Allah ini. Padahal, Allah sanggup melakukan segala sesuatu. Allah berfirman membantah para penentangnya:

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّ اللهَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلَمْ يَعْيَ بِخَلْقِهِنَّ بِقَادِرٍ عَلَى أَنْ يُحْيِيَ المَوْتَى بَلَى إِنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Apakah mereka tidak memperhatikan bahwa Sesungguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, Kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya (bahkan) sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Al-Ahqaf: 33)

 

7. Keagungan Allah begitu tampak pada fisik kita, secara kauni fisik ini tunduk dan patuh terhadap ketentuan Allah. Dahulu ketika lahir, fisik kita lemah, lalu dipaksa oleh Allah untuk membesar dan menguat. Ketika menjadi muda, fisik ini pun dipaksa oleh Allah untuk melemah kembali, dan ketika sudah sangat tua, mau tidak mau, fisik ini dipaksa untuk berpisah dengan jasad. Allah berfirman:

اللهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا وَشَيْبَةً يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَهُوَ العَلِيمُ القَدِيرُ

Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari Keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan berubah. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. (Ar-Rum: 54)

 

8. Allah telah mengabarkan kepada kita, bahwa dengan kekuatan-Nya Dia menolong orang beriman dan membinasakan orang-orang kafir:

Allah lah yang telah menenggelamkan firaun dan bala tentaranya, Dia yang telah mengirimkan angin besar kepada Ad dan kaumnya, Dia telah membinasakan kaum tsamud dengan suara yang keras, Dia telah membenamkan korun dan rumahnya ke dalam bumi, dan masih banyak lagi.

 

9. Dengan kekuasaannya Allah telah mengancam orang-orang yang tidak taat kepada-Nya dengan musibah yang akan menimpa mereka. Allah mengancam orang-orang munafik dengan firman-Nya:

وَلَوْ شَاءَ اللهُ لَذَهَبَ بِسَمْعِهِمْ وَأَبْصَارِهِمْ إِنَّ اللهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu. (Al-Baqarah: 20)

 

10. Tak ada seorang hamba pun yang mampu mendatangkan manfaat atau menimpakan mudarrat, kecuali dengan seizin Allah. karena Dialah yang Maha Perkasa dan Maha Kuasa. Allah berfirman:

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ وَإِنْ يَمْسَسْكَ بِخَيْرٍ فَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ * وَهُوَ القَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ وَهُوَ الحَكِيمُ الخَبِيرُ

Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, Maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, Maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.

dan Dialah yang berkuasa atas sekalian hamba-hamba-Nya. dan Dialah yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (Al-Anam: 17-18)

Qotadab rohimahulloh pernah berkata:

من تفكر في خلق نفسه عرف أنه إنما خلق ولُيّنت مفاصله للعبادة

Siapapun yang berfikir tentang penciptaan dirinya sendiri, niscaya ia akan tahu bahwa dia diciptakan dan dimudahkan pergerakan sendinya untuk beribadah.

 

11. Seorang mukmin yang benar, dia tidak akan tertipu oleh kehormatan, harta dan kemampuannya. Dia akan senantiasa meminta bantuan kepada Allah dalam segala perkara, karena kemampuan allah begitu sempurna dan kehendaknya pasti segera terlaksana.

Ketika seorang mukmin mendengar seruan

حي على الصلاة حي على الفلاح قال

Maka dia berkata

لا حول ولا قوة إلا بالله

 

Seolah dia berkata: ini yang telah menyeruku untuk sholat dan untuk bahagia adalah perintah yang besar, dengan kelemahanku ini, aku tidak sanggup berdiri kecuali atas taufik dan kekuatan dari Allah.

Dia akan senantiasa meminta bantuan kepada Allah sampai pada urusan agama.

 

12. Ketika seorang manusia berada di antara dua pilihan, maka dia harus meminta pilihan dari Allah dengan cara istikhoroh, karena Dia Maha Mampu sedangkan kita tidak, Dia Maha Tahu sedangkan kita tidak, dan Dia maha tahu perkara yang ghaib.

Kita pun berdoa:

اللهم إني أستخيرك بعلمك، وأستقدرك بقدرتك، وأسألك من فضلك العظيم، فإنك تقدر ولا أقدر، وتعلم ولا أعلم، وأنت علام الغيوب

 

13. Ketika seorang manusia merasakan sakit, Dia harus mengetahui bahwa hanya Allah lah yang mempu meredakan sakitnya dan menenangkan keadaannya. Orang yang mengetahui ini dia akan meletakan tangannya ditempat yang sakit dan berdoa kepada yang Maha Kuasa:

أعوذ بعزة الله وقدرته من شر ما أجد وأحاذر

Aku berlindung kepada keagungan dan kekuasaan Allah dari keburukan penyakit yang kudapatkan dan ku khawatirkan.

 

14. Sesungguhnya orang yang sangat kuat imannya pada Allah dan meyakini keagunganya, maka dia tidak akan mengangungkan selain Allah dan tidak akan takut kecuali kepada Allah. dia tidak akan mengagungkan makhluk sebagaimana ia mengagungkan Allah sebesar apapun makhluk itu dan sebanyak apapun pemberiannya. Karena tidak ada yang lebih kuat dan perkasa dari Allah Ta’ala.

 

15. Orang yang mengimani ini tidak akan pernah menzalimi seorang hamba, walaupun hamba itu lebih lemah dari dirinya, karena dia meyakini bahwa dirinya sangat lemah di hadapan Allah. Dan diapun tidak akan pernah takut terhadap orang zalim, karena walaupun mereka lebih kuat dari dirinya, akan tetapi Allah lebih kuat dari mereka.

 

16. Seorang mukmin diperintahkan oleh Allah untuk selalu mengingat keagungan dan kekuasaannya setiap saat. Untuk itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Abu Hurairah.

((ألا أدلك على كلمة من تحت العرش، من كنز الجنة؟ تقول: لا حول ولا قوة إلا بالله، فيقول الله: أسلم عبدي واستسلم))؛ أخرجه الحاكم بإسناد صحيح

Maukah aku tunjukan kepadamu sebuah kata dari bawah Arsy dan dari perhiasan surga? henadklah engkau ucapkan “lahaula wala quwwata illa billah”, ketika engkau ucapkan itu, maka Allah akan berkata, hambaku telah tunduk dan menyerah kepadaku. (H.R Hakim dengan sanad sohih)

 

17. Perhatikanlah kisah berikut

Seorang ulama Yahudi datang kepada Rasûlullâh shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia berkata, ‘Wahai Muhammad atau wahai Abul Qâsim, kami mendapati (dalam Taurat) bahwa Allâh meletakkan langit-langit di atas satu jari, bumi-bumi di atas satu jari, pohon-pohon di atas satu jari, air di atas satu jari, tanah di atas satu jari, dan seluruh makhluk di atas satu jari, kemudian Dia berfirman, ‘Aku-lah Raja. Aku-lah Raja.’ Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tertawa (sehingga gigi gerahamnya terlihat) karena senang mengakui kebenaran ucapan ulama Yahudi tersebut. Kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca firman Allâh Azza wa Jalla , “Dan mereka tidak mengagungkan Allâh dengan pengagungan yang semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Dia dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.” [Az-Zumar/39:67] (H.R Bukhori dan Muslim)

Keagungan Allah Ta’ala – SMP Al Hidayah Islamic Boarding School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada yang ingin ditanyakan? Hubungi kami..

Kami di sini untuk memberikan informasi yang anda butuhkan mengenai sekolah kami. Jangan ragu hubungi kami.

Customer Support

Call Center

Online

Call Center

Assalaamu'alaikum, informasi apa yang ingin anda ketahui dari sekolah kami? 00.00